Selasa, 24 Mei 2016 - 21:17:48 WIB
HATI-HATI! KASUS DBD DIKHAWATIRKAN MENINGKAT DI AKHIR MEI
Kategori: Lifestyle - Dibaca: 1399 kali

 

Jakarta(SIOGE)
Dalam beberapa tahun terakhir, kasus demam berdarah dengue (DBD) mengalami peningkatan di bulan Mei. Karena itu di bulan Mei ini, masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan.

"Berdasarkan data nasional, rata-rata bulan Mei apalagi akhir itu menjadi puncak kasus DBD bila dibandikan Desember sampai Februari," ungkap dr Mulya Rahma Karyanti, MSc, SpA(K) dari RS Dr Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Menurut dr Mulya, saat intensitas hujan tinggi maka genangan air lebih mudah tumpah. Sedangkan saat memasuki akhir bulan Mei, intensitas hujan berkurang sehingga genangan air menjadi lebih tenang.

"Nah saat itulah, biasanya telur-telur nyamuk yang membuat kasus DBD menjadi meningkat dari sebelumnya" lanjut dr Mulya saat ditemui dalam acara pelatihan edukasi Train The Trainers (TTT) kepada organisasi Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) di Auditorium Gedung PKK Provinsi DKI Jakarta, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (24/05/2016).

dr Mulya pun menganjurkan untuk mulai melakukan pencegahan dan penanganan kasus DBD. Dengan begitu, dapat mengurangi kasus kematian yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti ini.

DBD merupakan penyakit yang membuat penderitanya mengalami rasa nyeri yang luar biasa, seolah-olah terasa sakit hingga ke tulang. Untuk gejalanya, penyakit DBD tidak hanya ditandai demam saja. Hal tersebut dikarenakan virus sering bermutasi sehingga muncul gejala yang berbeda.

"Kita tahu kalau demam nggak turun-turun lima hari kita harus curiga. Biasanya sebagai dokter dia periksa apakah ini dengue atau tipus. Sekarang sering sekali tidak memberikan gejala tapi tiba-tiba trombositnya sudah turun rendah sekali," ujar Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Profesor Dr dr Nila Moeloek, SpM(K) beberapa waktu lalu.

Satu gejala khas dari demam berdarah terlepas dari demam adalah terjadinya dehidrasi tubuh karena cairan yang hilang. Tubuh akan terasa lemas dan bila sudah demikian maka dianjurkan untuk segera mengonsumsi cairan pengganti dan mencari pertolongan medis(Dtk)

 

 




Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Huruf Apa Itu ?)