Selasa, 04 Juli 2017 - 09:58:24 WIB
Kadis: Medan Bakal Jadi Kota Energi
Kategori: Medan - Dibaca: 2121 kali

Medan (Sioge) -Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan berencana menambah ruang terbuka hijau (RTH). RTH itu akan dimulai dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Terjun, Medan Marelan.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, M Husni mengatakan, program ini bertujuan menciptakan hutan kota di TPA Terjun yang kini menjadi satu-satunya TPA milik Pemko Medan. “Tema kegiatan ini adalah Menanam Untuk Kotaku, dalam rangka menciptakan hutan kota di TPA Terjun,” kata Husni, Minggu (2/6).
Memperluas kawasan RTH, kata Husni, bagian dari program instansinya pada 2018. Bekerjasama dengan Yayasan Budaya Hijau dan puluhan komunitas sosial di Medan, program tersebut direncanakan diluncurkan pada Minggu, 16 Juli 2017.”Sejauh ini sudah ada 20 komunitas yang siap bergabung dengan kita. Jumlah ini diperkirakan bertambah sebelum peluncuran nanti,” katanya.
Menurut dia, APBD Medan tidak sanggup membiayai semua kegiatan seperti perluasan RTH ini. Perlu peran serta masyarakat, komunitas, perusahaan dan pihak ketiga untuk merealisasikan wacana tersebut. Mantan Kadispenda Medan ini yakin, dengan gerakan sosial kemasyarakatan yang peduli membangun kota, keterbatasan itu bukan suatu persoalan besar.
Ditambahkan lagi, Husni mengatakan, pihaknya turut melibatkan PT Pupuk Indonesia dalam rangka membuat energi terbarukan melalui pengelolaan tanah menjadi pupuk kompos. Bahkan tak hanya itu, sebagai bentuk keseriusan akan program tersebut, Pemko sudah mengirimkan surat ke Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI.
“Lokasinya di bekas TPA Namobintang Tuntungan. Seiring penetapan kawasan itu oleh Wali Kota Medan sebagai agrowisata dan RTH, kami berupaya mengelola tanah di sana menjadi pupuk kompos dan energi baru. PT Pupuk Indonesia sudah meninjau dan sedang buat studi kelaikan dan analisisnya atau Field Study ((FS). Sampah dibutuhkan untuk energi ke depan,” katanya.
Pihaknya berharap, di masa mendatang kawasan eks TPA Namobintang bisa menjadi pilot project energi terbarukan di Sumut, bahkan di Indonesia. “Pemko sudah memohon ke Kementrian Maritim agar Medan menjadi kota energi. Semoga bisa jadi pilot project,” jelasnya. (S1)




Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Huruf Apa Itu ?)