Sabtu, 05 Agustus 2017 - 17:34:49 WIB
Dinas Perpustakaan Medan Dorong Peningkatan Minat Baca
Kategori: Medan - Dibaca: 42 kali

Medan (Sioge) - Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Medan terus mendorong peningkatan minat baca, terutama di kalangan siswa, dengan memberikan berbagai kemudahan dalam layanan peminjaman buku kepada masyarkaat.
Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Medan Januari Pane di Medan, Sabtu, mengatakan, berbagai upaya terus dilakukan untuk meningkatkan minat baca masyarakat, dan untuk itu berbagai terobosan juga telah dilakukan.
Salah satunya adalah dengan meluncurkan aplikasi perpustakaan digital yang diberi nama "I Medan" sejak 2016 dengan tujuan memudahkan para pembaca untuk memilih, membaca, hingga meminjam buku secara gratis.
"Melihat minat membaca anak-anak Medan masih perlu ditingkatkan, maka kami rancang I-Medan agar bisa diakses dimana dan kapan saja," katanya.
Ia mengatakan, peluncuran aplikasi tersebut merupakan solusi atas kendala anggota perpustakaan dalam menemukan berbagai genre buku yang diminati.
"Kebanyakan para anggota perpustakaan mulai membutuhkan buku digital beragam untuk tugas-tugas sekolah seperti jurnal dan kamus-kamus bahasa," katanya.
Aplikasi I-Medan, kata Januari, memiliki sistem pengolahan seperti perpustakaan offline pada umumnya dan setiap anggota bisa mengetahui daftar waiting list pembaca untuk buku tersebut.
Sejak diluncurkan pada bulan November 2016, I-Medan mendapatkan respon baik di masyarakat, khususnya anak muda Medan karena memiliki fitur katalog genre buku yang menarik.
Saat ini total pengguna I-Medan telah mencapai angka 4.000 anggota yang mendaftar dengan melakukan pembuatan akun untuk masuk aplikasi.
Selain itu, kehadiran aplikasi tersebut sudah dapat dinikmati oleh masyarakat kota Medan dengan mengunggah langsung dari Google Play Store.
"Kedepannya, aplikasi I-Medan akan diisi lebih banyak lagi dengan software buku elektronik, jurnal, dan kamus-kamus bahasa asing lainnya," katanya.(*)




Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Huruf Apa Itu ?)