Jumat, 20 Oktober 2017 - 10:14:03 WIB
Undang Berbagai Pihak, KPU Sumut Inventarisir Potensi Masalah di Pileg 2019
Kategori: Medan - Dibaca: 16 kali

Medan  (Sioge) - Meski pelaksanaan pemilu legislatif 2019 masih jauh, namun KPU Sumatera Utara sudah mulai melakukan inventarisasi potensi masalah yang berpotensi terjadi. Inventarisasi ini dilakukan dengan menggelar Rapat Dengar Pendapat "Penyusunan Daftar Inventaris Masalah (DIM) Substansi Materi Pencalonan" bersama kalangan akademisi, pemerhati pemilu, LSM, penyelenggara pemilu dan kalangan jurnalis.
"Lewat kegiatan ini kita mengharapkan akan ada masukan-masukan bersifat konstruktif yang akan membantu KPU dalam membuat regulasi untuk mencegah adanya persoalan," kata Komisioner KPU Sumut Divisi Teknis Penyelenggara, Benget Silitonga, di Aula Utama Kantor KPU Sumut, Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Kamis (19/10/2017).
Benget menjelaskan, inventarisasi potensi masalah di pemilu legislatif 2019 tersebut menjadi instruksi dari KPU RI terhadap seluruh jajaran KPU Provinsi se-Indonesia pasca ditetapkannya UU No 7 tahun 2017 yang mengatur seluruh pelaksanaan. Hasil dari inventarisasi masalah ini akan menjadi masukan bagi KPU RI untuk merumuskan Peraturan KPU yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu tersebut.
"Seluruh hasil dari pembahasan lintas kalangan tersebut akan kita sampaikan sebagai masukan kepada KPU RI. Tentunya nanti masukan-masukan tersebut akan dituangkan dalam PKPU dengan tidak melanggar UU no 7 tersebut," ujarnya.
Dalam pertemuan tersebut para peserta terlihat sangat antusias memberikan masukan kepada KPU mengenai berbagai potensi persoalan yang harus diantisipasi dalam melaksanakan perintah UU No 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum tersebut. Pihak KPU Sumut sendiri akan menggelar kegiatan ini hingga besok sebelum menyusun kesimpulan dan saran yang akan dikirimkan ke KPU RI. (*)




Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Huruf Apa Itu ?)