Selasa, 05 Desember 2017 - 10:43:59 WIB
H-3, Persiapan FDT 2017 di Humbahas Telah Rampung
Kategori: Sumut - Dibaca: 15 kali

Humbahas (Sioge) - Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor menyampaikan persiapan pelaksanaan Festival Danau Toba 2017 telah rampung.Demikian siaran pers Pemkab Humbahas tiga hari menjelang (H -3) FDT di kabupaten tersebut.
Dosmar mengatakan, sesuai keputusan rapat bersama panitia termasuk pihak Provinsi dan kementrian, bahwa pelaksnaan FDT akan dipusatkan di tiga kecamatan yakni Panorama Sipinsur Kecamatan paranginan, Bakkara Kecamatan Baktiraja dan Aula Huta Mas Kecamatan Dolok Sanggul. Khusus untuk pembukaan dan penutupan FDT dimaksud akan dilaksanakan di Panorama Sipinsur.
“Sudah final, bahwa pembukaan pesta rakyat itu akan dipusatkan di Panorama Sipinsur. Dimana, ketersediaan sarana dan prasarana panorama Sipinsur lebih memungkinkan dibandingkan Bakkara,” ujarnya di Dolok Sanggul, kemarin.
Dia menjelaskan, sebelumnya, pihaknya memfokuskan Bakkara menjadi lokasi pelaskanaan FDT namun dengan melihat sarana prasarana untuk penempatan panggung, tempat parkir, lokasi stand tidak memungkinkan. “Belum lagi, akses jalan menuju-keluar Bakkara belum memadai untuk dilalui bus pariwisata.”
“Pemkab Humbahas berupaya keras untuk mempromosikan Bakkara untuk menjadi daerah tujuan wisata nasional bahkan internasional. Namun pada saat ini, untuk pelaksanaan FDT, daerah tersebut belum memungkinkan dari sisi saran dan prasarana yang ada sehingga kita alihkan ke Panorama Sipinsur,” imbuhnya.
Dalam kesempatan yang sama, Kadis Perhubungan Humbahas Jaulim Manullang, mengatakan, dari kesiapan dan pemilihan lokasi, bahwa waktu tempuh transportasi Panorama Sipinsur-Silangit hanya 15-25 menit. Kemudian akses jalan di Kecamatan Paranginan memiliki jalan jalur alternatif, sehingga pengunjung yang menghadiri FDT akan lebih nyaman dengan jalur jalan yang lebar. Selain itu, lokasi sipinsur juga memiliki ketersedian lokasi parkir yang memadai untuk undangan sebanyak lima ribu orang.
“Untuk kesuksesan pelaksanaan FDT, berbagai pertimbangan telah dilakukan. Itu didasarkan pengalaman maupun melalui pertimbangan pertimbangan teknis sebagai tuan rumah. Kita berupaya memenimalisir kesan negatif, sehingga pengunjung merasa puas dan akan betah mengikuti kegiatan demi kegiatan yang akan kita laksanakan,”ujarnya.
Sementara, Kadis Pariwisata, Hotmauli Butar Butar mengatakan, untuk kesuksesan FDT pihaknya sudah mengemas berbagai kegiatan yang akan digelar dalam even tahunan pesta rakyat itu.
Pihaknya juga memfasilitasi persiapan 25 home stay, 40 unit stand pameran, 40 unit stand kuliner, hiburan rakyat dan konsumsi untuk lima ribu pengunjung pada hari pembukaan.
“Selanjutnya, untuk kesuksesan FDT nanti, Dosmar mengimbau kerjasama semua elemen masyarakat Humbahas. Sebab kesuksan FDT nanti akan menjadi salahsatu penilaian kedepan untuk kegiatan-kegiatan besar di Humbahas,” kata Hotmauli. (s/*)




Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Huruf Apa Itu ?)