Kamis, 07 Desember 2017 - 22:27:09 WIB
Wagubsu Buka Festival Danau Toba 2017 di Obyek Wisata Sipinsur Humbahas
Kategori: Sumut - Dibaca: 13 kali

Humbahas (Sioge) - Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Dr Hj Nurazizah Marpaung SH MH membuka Festival Danau Toba (DFT) 2017 di Obyek Wisata Sipinsur, Desa Pearung, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Kamis (7/12).
Wagubsu menyampaikan, keindahan Danau Toba sangat luar biasa dan merupakan satu anugerah terindah dari sang pencipta buat masyarakat Sumatera Utara khususnya masyarakat Batak yang berada di kawasan Danau Toba. Selain itu dia juga menyampaikan, bahwa keindahan Danau Toba tidak kalah bagusnya dengan lokasi wisata di 36 negara yang sudah pernah dia kungjungi.
"Saya sudah keliling dunia ke 36 negara. Tidak ada satu pun tempat terindah melebihi Danau Toba ini. Inilah warisan Tuhan Yang Maha Kuasa untuk masyarakat Batak. Jadi mari kita rawat dan jaga, ke depan kita ingin bangun semua di sini. Tidak boleh lagi kita mengirim TKI ke luar negeri. Biar mereka bekerja di sini tanpa membedakan suku, ras dan agama. Ayo kita kompak. Kita juga tidak ingin kopi Humbang atau kopi Sidikalang itu dikirim ke luar negeri hanya bahan mentahnya saja. Kita ingin ada label setiap daerahnya. Saya juga berpesan, jangan sampai narkoba masuk ke kawasan Danau Toba," pungkasnya.
Sementara itu, Dirut BODT Ari Prasetyo mewakili Menteri Pariwisata dalam sambutannya manyampaikan angka kunjungan wisatawan untuk tahun 2016 Provinsi Sumut sekitar 250 ribu wisatawan mancanegara, sedangkan wisatawan domestik sekitar 10 juta. Sementara angka kunjungan wisatawan untuk tahun ini belum keluar namun mudah-mudahan mengalami peningkatan. Angka kunjungan wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sumut dan Danau Toba dihitung dari tiga gerbang utama yakni Bandara Kualanamu, Pelabuhan Belawan dan Tanjung Balai.
"Tahun ini, pintu gerbang wisatawan manca negara yang berkunjung ke Danau Toba sudah bertambah yaitu Bandara Internasional Silangit. Setelah diresmikan kemarin angka kunjungan wisatawan manca negarabaru sekitar 600 yang langsung datang dari negara Singapura dan itu data selama Oktober dan November. Hal ini menunjukkan antusias wisatawan Singapura untuk Danau Toba cukup tinggi," paparnya.
Sementara itu, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor dalam sambutannya menjelaskan lokasi pembukaan Festival Danau Toba merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Humbahas yang memiliki panorama indah. Sementara dari lokasi tersebut dapat melihat keindahan Danau Toba yang berada di Kawasan Taput, Samosir dan Tobasa.
Disampaikan, wilayah Kabupaten Humbahas juga merupakan kampung halaman Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja ke XII, sehingga banyak peninggalan bersejarah yang menjadi objek wisata yang menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara seperti Komplek Istana Sisingamangaraja, Tombak Sulu Sulu, Hariara Tungkot, Batu Hundul Hundulan, Aek Sipangolu, Markas Pertahanan Sisingamangaraja dan Makam 37 Panglima Raja Sisingamangaraja XII.
"Dengan dipercayainya Kabupaten Humbanhas sebagai tuan rumah Festival Danau Toba tahun 2017 adalah merupakan kebanggaan tersendiri bagi seluruh masyarakat Humbanghas. Melalui even ini diharapkan masyarakat Indonesia dan dunia mengetahui bahwa Kabupaten Humbahas memiliki potensi objek wisata yang tidak kalah dengan daerah-daerah lain di Indonesia," pungkasnya.
Pembukaan acara FDT 2017 diisi dengan sejumlah pertunjukan seperti atraksi Monsak dan Sigale-gale Ria Agung Nusantara, parade kontingen, tari persembahan tortor Toba, karnaval, atraksi gondang Humbahas, tarian massal 5 puak, paduan suara massal 5 puak dan atraksi Gondang Sabangunan, dan peninjauan stand pameran.
Hadir dalam acara itu, Staf Ahli Gubsu Bidang Ekonomi Keuangan Pembangunan Aset dan Sumber Daya Alam Dr Ir Binsar Situmorang, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provsu Ir Bonar Sirait, Bupati Tobasa Darwin Siagian, Bupati Samosir Rapidin Sombolon, Wakil Bupati Karo Corry Sebayang, Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora, Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasoit, Kapolres Humbahas AKBP Nicolas Ary Lilipaly, Kejari Humbahas Zaidar Rasepta, Kejari Taput Hotma Tambunan, dan Pabung 0210/TU Mayor Junaidi Tampubolon. (*)




Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Huruf Apa Itu ?)