Selasa, 12 Desember 2017 - 13:32:51 WIB
Jelang Arus Mudik Natal dan Tahun Baru 2018 PT KAI Antisipasi Lokasi Rawan Bencana
Kategori: Medan - Dibaca: 18 kali

Medan (Sioge) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumatera Utara (Sumut) mulai mempersiapkan diri menghadapi arus mudik Natal dan Tahun Baru 2018. Persiapan dilakukan melalui pemetaan lintasan kereta api.
Hasil pemetaan mereka, setidaknya terdapat 17 titik rawan bencana seperti banjir, tanah amblas, dan tanah longsor. “Sudah kami petakan titik rawan bencana. Ada 6 titik rawan banjir, 6 titik rawan longsor, dan 5 jembatan rawan banjir akibat luapan air sungai,” kata Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, Sapto Hartoyo, Senin (11/12/2017).
Ia membeberkan, 6 titik rawan banjir tersebar di beberapa lokasi di antaranya tiga titik di lintas Tebingtinggi-Pematangsiantar, dua titik lintas Kisaran-Rantauprapat dan satu di lintas Labuan-Belawan. “Untuk rawan tanah longsor dipetakan terdapat di lintas Tebingtinggi-Pematangsiantar sebanyak satu titik, lintas Kisaran-Rantauprapat terdapat lima titik,” bebernya.
Ditambahkan lagi, Sapto mengatakan, kesiapan pihaknya dalam menghadapi datangnya cuaca ekstrim tepat pada masa angkutan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 dengan menerjunkan petugas ekstra sebanyak 189 personel. Petugas tersebut di tempatkan pada daerah rawan bencana, perlintasan liar yang tidak dijaga dan jembatan rawan.
“Para petugas ekstra akan berpatroli secara rutin untuk mengecek kondisi lintas dengan berjalan kaki menyusuri daerah yang rawan sebanyak 2 kali per hari. Kami juga sudah sediakan titik-titik alat material untuk siaga di lokasi strategis jika terjadi gangguan di lintas,” tandasnya.
Sementara, Vice President PT KAI Divre I Sumut, Aslikan menyatakan kesiapannya menghadapi masa angkutan Natal 2107 dan Tahun Baru 2018. Termasuk, antisipasi di titik-titik rawan bencana alam dan kendala lainnya. “Kami terus menginventarisasi apa saja yang bisa dilaksanakan. Untuk perlintasan yang rawan, kami juga sudah siapkan petugas penjaga jalan lintasan (PJL) ekstra sebanyak 102 personel,” katanya. (t/*)




Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Huruf Apa Itu ?)