Jumat, 23 Februari 2018 - 01:50:22 WIB
GUBSU TANDATANGANI MoU DISTRIBUSI PRODUK UNGGULAN DAERAH
Kategori: Sumut - Dibaca: 2122 kali

Bandung (SIOGE) - Gubsu, Tengku Erry Nuradi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) mewujudkan kelancaran arus distribusi komoditas produk unggulan, guna mendukung terpenuhinya kebutuhan masing-masing daerah.

Mou ini dilakukan bersama 33 Gubernur se-Indonesia saat dilaksanakannya Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (Rakernas APPSI) ke-3 yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo di Bandung, Kamis (22/7/2018).

Erry mengemukakan bahwa setiap daerah yang ada di Indonesia mempunyai produk unggulan komuditasnya dan satu daerah dengan daerah lainnya tentunya tidak sama. Untuk itu diperlukan kerjasama antar daerah sebagai upaya peningkatan tersebarnya semua kebutuhan diberbagai daerah sehingga tidak terjadi kesenjangan perekonomian antar daerah. Inilah yang menyebabkan perlu adanya kerjasama antar daerah.

“Ada daerah yang surplus ada pula daerah yang membutuhkan, untuk itu peran kerjasama antar daerah sangat penting sehingga tidak ada satu daerah yang kekurangan dan satu daerah yang sangat berlebihan,” ujar Erry.

Seperti misalnya Sumut, lanjut Erry, daerah yang menghasilkan surplus beras hingga mencapai 1,6 juta ton tentunya bisa dimanfaatkan melalui kerjasama dengan daerah lain yang membutuhkan. Begitu pula Sumut yang masih memerlukan daging sapi, tentunya kita bisa bekerjasama dengan daerah lain yang mempunyai surplus stok daging sapi.

“Demikian juga dengan cabai, yang selalu mengalami gejolak harga yang menyebabkan inflasi daerah, bisa saja pada satu waktu kita surplus tetapi bisa juga paceklik diwaktu yang lain. Peristiwa ini pernah terjadi di Sumut tahun 2016 yang mengalami gejolak harga yang cukup tinggi dikarenakan adanya virus yang membuat daerah kita gagal panen,” jelas Erry. (t/s1)




Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Huruf Apa Itu ?)