Sabtu, 24 Februari 2018 - 02:05:50 WIB
Polisi Argentina Temukan 389 Kg Kokain di Kedubes Rusia
Kategori: Internasional - Dibaca: 2106 kali

Buenos Aires (SIOGE) - Narkoba jenis kokain seberat 389 kilogram ditemukan dan disita dari gedung Kedutaan Besar Rusia di Buenos Aires, Argentina. Sejumlah anggota geng pengedar narkoba telah ditangkap terkait temuan kokain ini.
Dituturkan Menteri Keamanan Argentina, Patricia Bullrich, dalam konferensi pers seperti dilansir AFP dan Reuters, Jumat (23/2/2018), bahwa narkoba itu ditemukan di bagian annex gedung Kedubes Rusia. Ditaksir narkoba yang ditemukan memiliki nilai pasaran sekitar US$ 62 juta (Rp 834,9 miliar).
"Geng penjahat narkotika berupaya memanfaatkan layanan kurir diplomatik pada Kedutaan Besar Rusia," sebut Bullrich. Narkoba itu dilaporkan akan dibawa dengan kapal ke wilayah Eropa.
Bullrich menyatakan pihak Kepolisian Argentina dan Rusia memutuskan untuk melakukan operasi gabungan, setelah Duta Besar Rusia memberikan informasi soal temuan 16 paket berisi narkoba di gedung kedutaan pada Desember 2016. Operasi yang berlangsung selama setahun ini bertujuan untuk menangkap pelaku.
Diketahui bahwa paket narkoba itu akan dikirimkan via penerbangan diplomatik ke Rusia. Oleh karena itu, tim sengaja menukar isi 16 paket narkoba itu dengan tepung dan menempelkan alat pelacak untuk menjebak pelaku.
"Alat pelacak ditempatkan di koper yang akan dikirimkan via kapal ke Rusia, yang menjadi tujuannya," sebut Bullrich kepada wartawan.
Pelacak ini berujung pada penangkapan lima tersangka, dua orang di Argentina dan tiga orang di Rusia. Salah satu yang ditangkap di Argentina merupakan seorang personel kepolisian setempat. Satu pemimpin sindikat ini, sebut Bullrich, masih diburu.
Selain ditujukan ke Rusia, narkoba itu juga diduga akan dikirimkan ke Jerman, tempat tinggal dalang sindikat narkoba ini. "Kami meyakini polisi Jerman akan menangkap buronan ini," tegas Bullrich.
Narkoba yang ditemukan di Kedubes Rusia itu diyakini berasal dari Kolombia atau Peru. (t/*)




Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Huruf Apa Itu ?)