Selasa, 06 Maret 2018 - 10:38:44 WIB
PLN Sumut Kejar Pertumbuhan Pembangunan Listrik 10%-15%
Kategori: Ekbis - Dibaca: 2109 kali

Medan (SIOGE) - Deputi Manager Strategi Pemasaran PLN Wilayah Sumut, Petrus Gading Aji, Senin (5/3/2018), mengatakan bahwa pihaknya tengah menjalankan melakukan pembangunan infrastruktur untuk keandalan listrik di Sumut.
Petrus menjelaskan, listrik di Sumut sudah mengalami Surplus 15 persen atau 272 MW dari beban puncak mencapai 2.326 MW. Data per Desember 2017 menunjukkan ada 3,4 juta pelanggan listrik di Sumut.
“Kita juga sedang melakukan sejumlah proyek pembagkit tenaga listrik seperti Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sorik Merapi, Pembangkit Listrik Pangkalan Susu dan Pembangkit Listrik di Nias,” katanya di Medan.
Lebih jauh dikatakannya, dari pembangunan proyek tersebut, pada 2018 daya mampu PLN Sumut akan mencapai 2.661 MW. Sedangkan beban puncak diprediksi akan mencapai 2.232 MW. Untuk target pelanggan, diestimasi akan mencapai 3,6 juta pelanggan.
“Layanan baru yang sedang digodok adalah sambungan sementara untuk masyarakat yang akan melakukan hajatan dan event lainnya. Layanan serupa seudah diterapkan di kota lain seperti Makassar dan Sulawesi,” ungkap Petrus.
Manager Hukum, Komunikasi, dan Pertanahan PLN Sumut, Said Mukarram mengatakan, pihaknya sedang mengejar pertumbuhan pembangunan listrik sebesar 10% – 15%. Dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik 2017-2026 sudah dicanangkan pembangunan kelistrikan di Sumut. Pembebasan lahan menjadi masalah yang cukup serius yang harus dihadapi PLN.
“Sekarang banyak yang kita hadapi. Status lahan, yang terkadang tidak ada kecocokan harga dengan pemilik. Padahal kita sudah pakai konsultan penilai harga tanah. Kita ambil finalisasi yang diambil appraisal itu,” ujar Said seraya mengatakan bahwa terkadang lahan tersebut digunakan untuk kepentingan lain, sehingga pihaknya harus melakukan pendekatan ke masyarakat melalui pemda. (sb/s1)




Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Huruf Apa Itu ?)