Selasa, 06 Maret 2018 - 13:11:23 WIB
Tarif Impor Baja, Sri Mulyani: Ekonomi Kacau Karena Perang Dagang
Kategori: Ekbis - Dibaca: 2119 kali

Jakarta (SIOGE) - Rencana kenaikan tarif impor baja dan aluminimun oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump dinilai akan mengganggu iklim perdagangan dunia. Kebijakan tersebut akan berdampak pada negara Asia, termasuk terhadap Indonesia.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan jika kebijakan tersebut benar diterapkan oleh pemerintah Amerika Serikat, maka akan menyebabkan kekacauan terhadap ekonomi dunia. Dalam sejarahnya, kata dia, perang dagang selalu membuat perekonomian dunia buruk.
"Kalau saja terjadi retorika perang dagang untuk saling membalas dari sisi tarif, sejarah dunia sudah menunjukkan kalau terjadi perang dagang pasti dampaknya buruk terhadap ekonomi dunia, itu sudah beberapa kali terjadi," kata Sri Mulyani saat ditemui di Gedung Kementerian Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa (6/3).
Meski demikian, dirinya masih menunggu kebijakan resmi karena kebijakan tersebut masih dirundingkan oleh pemerintahan AS. Gedung Putih akan mengumumkan aturan resmi tersebut selambatnya pekan depan.
"Ya kita lihat saja dulu, di Amerika sendiri dinamika mengenai kebijakan itu sedang diperdebatkan Presiden Trump dengan kongres dan senatnya," tambahnya.
Sebelumnya Menteri Perekonomian Darmin mengatakan jika kebijakan ini benar akan terjadi, maka pihaknya akan menggelar rapat koordinasi bersama menteri perindustrian dan menteri perdagangan dalam menanggapi dampaknya bagi Indonesia.
"Tetapi kalau itu berjalan, mau tidak mau bahayanya (produk) China akan kemana-mana termasuk indonesia, masih terlalu dini kita bereaksi, kita rakor dulu dengan menteri perindustrian dan perdagangan," katanya. (k/s1)




Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Huruf Apa Itu ?)