Selasa, 20 Maret 2018 - 10:22:43 WIB
Trump Sebut Bandar Narkoba Mengerikan, Harus Dihukum Mati
Kategori: Internasional - Dibaca: 2103 kali

Amerika Serikat (SIOGE) - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengeluarkan ancaman terhadap para pengedar narkotika di negara tersebut. Dia menyatakan, siapa saja yang terlibat dalam bisnis haram itu akan berhadapan dengan hukuman mati.
Pernyataan tersebut disampaikan Trump di Manchester, New Hampshire. Wilayah itu adalah salah satu area dengan masalah penyalahgunaan narkotika tertinggi di Negeri Paman Sam.
"Mereka (pengedar narkotika) merupakan orang-orang yang mengerikan, kami harus keras terhadap mereka," sebut Trump seperti dikutip dari AFP, Selasa (20/3/2018).
"Jika kami tidak keras terhadap pengedar narkoba, maka kami hanya buang-buang waktu, keras itu termasuk menerapkan hukuman mati," papar dia.
Sejak pertama kali memerintah AS, Trump berjanji akan menyelesaikan masalah penyalahgunaan narkotika. Hingga kini, data dari pemerintah setempat ada kurang lebih 2,4 juga warga AS yang ketergantungan barang haram tersebut.
Tiap harinya sebanyak 115 warga AS mati akibat overdosis narkotika. Melihat fakta tersebut Trump mesti memutar otak.
Sebab, di AS hanya kasus pembunuhan terkait narkotika saja yang bisa membuat pelakunya dieksekusi. Sementara, untuk peredaran dan perdagangan narkotika dalam hukum yang berlaku di AS pelakunya hanya mendapat hukuman kurungan.
Demi memuluskan langkah tersebut Trump mengubah undang-undang yang berlaku. Tetapi, keinginannya itu berhadapan dengan sejumlah tantangan.
Warga AS hanya 55 persen yang mendukung rencana Trump. Jumlah itu merupakan yang terendah selama jajak pendapat mengenai hukuman mati dilakukan di AS.
Hampir seluruh politikus Partai Demokrat pun menentang keinginan Trump. Mereka menyebut, Trump tak bisa seenak jidat mengganti Undang-Undang, hal itu harus mendapat persetujuan kongres terlebih dulu.
"Kurungan atau eksekusi bukan jalan keluar dari masalah endemik ketergantungan narkotika," papar Senator Partai Demokrat Ed Markey. (k/s1)




Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Huruf Apa Itu ?)