Kamis, 12 April 2018 - 14:04:15 WIB
Prabowo Capres, Cak Imin Nilai Peluang Poros Ketiga Tertutup
Kategori: Nasional - Dibaca: 1749 kali

Jakarta (SIOGE) - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menilai peluang terbentuknya poros ketiga untuk mengusung calon alternatif semakin tertutup pascadeklarasi Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon Presiden.
"Kayaknya begitu," ucap Cak Imin, saat ditanya soal tertutupnya peluang poros ketiga akibat deklarasi Jokowi dan Prabowo, Jakarta, Rabu (11/4). "Sampai hari ini belum ada satupun yang inisiator," imbuhnya.
Cak Imin mengaku belum pernah melakukan pembicaraan secara serius dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan terkait Pilpres 2019. Yang ada hanyalah pembicaraan di level pengurus sekretaris jenderal.
"Hasilnya belum pernah dilaporkan ke saya, [soal] follow-up nya bagaimana. Apalagi saya dengan SBY belum pernah ketemu bahas pilpres," katanya.
Sementara itu, Cak Imin membantah bahwa pembentukan posko JOIN (Jokowi-Cak Imin) merupakan bagian untuk menaikkan posisi tawar dirinya kepada Jokowi.
Namun, dia membenarkan bahwa PKB mempertimbangkan efek ekor jas (coat-tail effect) terkait pencalonannya sebagai bakal calon Wakil Presiden bagi Jokowi.
"Coat-tail effect ini siapa yang diusung di atas akan mempengaruhi siapa yang memilih di bawah. Bagi PKB, wajib hukumnya maju sebagai capres atau cawapres. Lalu kami optimistis Pak Jokowi menerima. Tentu semua partai akan punya tanggung jawab itu, salah satunya saya," paparnya.
Wakil Ketua MPR ini mengklaim Jokowi tidak mempersoalkan pembentukan posko JOIN tersebut. Dia pun mengaku telah berkomunikasi kepada Jokowi terkait hal tersebut.
Meski demikian, Hinca meyakini jika semangat untuk membentuk poros alternatif dari tiga partai itu masih sejalan. Hanya saja saat ini disebut tinggal persoalan waktu. (cn/s1)




Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Huruf Apa Itu ?)