Sabtu, 14 April 2018 - 02:39:33 WIB
Drs Daniel Pinem : Pemko Medan Dituntut Lebih Fokus Tingkatkan Ekonomi Rakyat
Kategori: Medan - Dibaca: 2113 kali

Medan (SIOGE) - Pemko Medan dituntut lebih fokus dan peduli soal peningkatan ekonomi rakyat kecil. Pemko Medan selaku pemberian bantuan, harus juga melakukan pembinaan kepada masyarakat untuk membuka usaha mandiri membantu biaya hidup keluarga.
Sehingga, dengan usaha kolam kecil-kecilan dan tanam sayuran di pekarangan rumah akan sangat membantu kebutuhan sehari-hari, ujar Anggota Komisi D DPRD Medan Drs Daniel Pinem kepada wartawan, Jumat (13/4/2018). Bantuan bibit ikan dan bibit tanaman bagi masyarakat Medan juga perlu ditingkatkan.
Menurut Politisi PDIP ini, pihaknya kerap mendapat keluhan masyarakat soal kesulitan ekonomi. Bahkan lewat reses dewan sering diterima aspirasi soal ketiadaan lowongan kerja dan usaha sampingan. Maka untuk itu, bantuan usaha rumah tangga patut digalakkan melalui pemanfaatan pekarangan rumah. "Pemko Medan melalui Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan supaya fokus pengadaan bibit untuk kebutuhan masyarakat Medan," ujarnya seraya menyebut DPRD Medan siap mendukung pengalokasian anggaran untuk itu.
"Pemko Medan diharapkan serius membuat program penanggulangan kemiskinan di kota Medan. Apalagi soal penanggulangan kemiskinan di kota Medan sudah dikuatkan dengan adanya Perda Nomor 5 Tahun 2015 tentang Penanggulangan Kemiskinan," tambahnya.
Seiring tuntutan anggota dewan, Pemko Medan melalui Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan Ir Akhsar Risyad Marbun terkait pembibitan ikan menyebutkan, Dinas Pertanian dan Perikanan saat ini sudah memiliki Balai Bibit Ikan (BBI) lele dan nila di kolam pembibitan seluas 5 Ha di Medan Tuntungan.
Menurut Ikhsar Risyad Marbun, dengan kondisi tersebut pihaknya mampu memeroduksi bibit ikan lele dan nila 2 juta ekor per tahunnya. Sementara permintaan bibit ikan lele dan nila dari masyarakat Medan rata-rata sekitar 50 ribu ekor setiap minggunya. Sistem bantuan pemberian bibit kepada warga dibuat berdasarkan permintaan yang dikuatkan rekomendasi lurah maupun camat. Dia mengajak warga Medan supaya datang mengambil bibit ikan gratis ke BBI di Medan Tuntungan tapi melalui prosedur yang sudah ditetapkan.
Terkait pembibitan pohon, Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan menargetkan 1 juta bibit pohon tahun 2018 ini. Pihaknya tetap melakukan pengembangan untuk memperbanyak bibit mengingat besarnya permintaan masyarakat.
Ditambahkannya, untuk 2018 dinas yang dipimpinnya menggunakan anggaran Rp 16 miliar. Anggaran tersebut belum mencukupi sesuai program yang direncanakan. Saat ini pihaknya tetap berupaya meminta anggaran dari pemerintah pusat, ujarnya mengakhiri. (s1)




Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Huruf Apa Itu ?)