Senin, 16 April 2018 - 23:55:04 WIB
Beston Sinaga : Kalau Pemko Tidak Serius Membenahi, Jual Saja KBM
Kategori: Medan - Dibaca: 2104 kali

Medan (SIOGE) - Anggota DPRD Medan Beston Sinaga SH mendesak Pemko Medan agar serius menyikapi kondisi PD Pembangunan yang selalu "ngos-ngosan" soal pengembangan dan pengelolaan Kebun Binatang Medan (KBM) untuk menjadi lebih baik. Pemko Medan harus lebih berani memberikan penyertaan modal besar guna memajukan sarana rekreasi dan konservasi itu.
Sejak tahun 2015 hingga saat ini kondisi KBM tetap merugi. Apa tidak ada niat Pemko memajukannya. Kalau tidak ada upaya Pemko Medan memajukannya, bagus dijual saja, ujarnya saat rapat panitia khusus (Pansus) pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Walikota Medan TA 2017 di ruang Banggar DPRD Medan, Senin (16/4/2018).
Disebutkan Politisi PKPI itu, untuk apa Pemko Medan mempertahankan KBM tapi tidak melakukan pembenahan. Seharusnya, Pemko Medan berani memberikan anggaran Rp 200 miliar ke KBM dengan catatan harus bisa menerima penghasilan yang lebih besar dari sana. Kalau tidak, pasti KBM akan terus merugi, ujar Anggota Komisi C DPRD Medan itu.
Hal senada, Anggota Pansus LKPj lainnya Zulkarnaien Yusuf Nasution mempertanyakan upaya Dirut PD Pembangunan Pemko Medan terkait upaya memajukan PD Pembangunan khususnya KBM. "Sampai kapan KBM bisa menghasilkan. Apa jalan keluar supaya usaha itu dapat menghasilkan," ujarnya.
Sebelumnya, Direktur Utama PD Pembangunan Ir Putrama Alkhairi memaparkan, sampai saat ini pihaknya hanya bisa mengurangi utang PD Pembangunan terdahulu. Pada Tahun 2016 utang PD Pembangunan sebesar Rp 2,9 miliar. Namun, pada Tahun 2017 sudah berkurang, tinggal Rp 2,5 miliar.
Dikatakannya, pihaknya tetap berupaya produktif. Untuk KBM, pihaknya melakukan kerjasama dengan kebun binatang lain soal pertukaran beberapa jenis binatang seperti harimau. Selain itu, pihaknya juga tetap melakukan kerjasama dengan pihak ketiga untuk sponsor. Saat ini KBM butuh pembangunan kandang binatang.
Dalam mengelola KBM, pihaknya memerlukan penyertaan modal sebesar Rp 10 miliar. Sedangkan untuk perbaikan infrastruktur seperti jalan setapak dan lainnya, Putrama tetap berharap bantuan dari SKPD jajaran Pemko Medan. (s1)




Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Huruf Apa Itu ?)