Selasa, 17 April 2018 - 12:44:25 WIB
Dinas Pariwisata Samosir akan Gelar Ajang Cari Jodoh, Hadiah Puluhan Juta Rupiah
Kategori: Sumut - Dibaca: 2116 kali

Samosir (SIOGE) - Dinas Pariwisata Samosir akan gelar festival ajang cari jodoh (Gondang Naposo) pada 27-28 April 2018 mendatang di kawasan Pantai Pasir Putih Tanda Rabun, Kecamatan Simanindo dengan hadiah puluhan juta rupiah.
Festival Gondang Naposo merupakan ajang mencari jodoh untuk muda mudi yang telah mendapatkan restu orangtua. "Ini sangat unik. Gondang Naposo merupakan ritual etnis Batak sebagai media perkenalan dan tegur sapa, berbalas pantun antarpemuda dan pemudi sampai melangkah ke jenjang perkawinan," papar Kepala Dinas Pariwisata Samosir Ombang Siboro melalui Kabid Promosi, Shanti Harianja kepada wartawan, Senin (16/4/2018).
Di tahun ini acara Gondang Naposo dikemas beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di edisi 2018, penyelenggara akan menampilkan para muda-mudi dengan aksesoris khas Batak.
"Tarafnya sudah internasional. Nanti akan ditampilkan berbagai tortor muda-mudi yang ceria, sekaligus sarana muda-mudi asal Batak untuk mencari jodoh. Ini dibuat untuk mendongkrak angka kunjungan wisatawan ke Samosir yang merupakan jantungnya Danau Toba," ungkap Shanti.
Peserta festival merupakan utusan instansi pemerintah baik provinsi maupun kabupaten dan kota, lembaga pendidikan tinggi negeri dan swasta, lembaga pendidikan menengah negeri dan swasta, utusan gereja, lembaga seni budaya, komunitas seni budaya, lembaga sosial maupun organisasi sosial, kata Shanti.
Sedangkan usia, tambah Shanti, peserta minimal 17 tahun atau belum menikah, masing-masing tim berjumlah minimal 20 orang dan maksimal 25 orang, setiap tim harus memiliki paminta gondang, serta menampilkan formasi gondang mula-mula, somba, hata sopisik, kreasi dan hasatan sitio-tio.
"Rangkaian Gondang Naposo yang ditampilkan bebas. Namun, tidak mengurangi makna dan tujuan akhir dan harus diiringi pargossi yang disiapkan panitia penyelenggara. Khusus tortor kreasi, setiap kontingen atau grup harus menyusun synopsis apa arti dan makna tortor yang dimaksud dan harus sudah diserahkan kepada panitia paling lambat 26 April,” kata Shanti.
Lanjut Shanti, peserta dapat mendaftar langsung ke kantor Dinas Pariwisata Samosir pada jam kerja atau mengirim formulir melalui email disparsamosir@gmail.com atau nomor Whatsapp(WA) Robintang Naibaho 081268784427 atau Friska Rumahorbo 085362465927, ujarnya.
"Untuk pendaftaran terakhir peserta pada 27 April pukul 12.00 WIB, dengan kriteria penilaian meliputi, etika dan sopan santun selama mengikuti festival, disiplin, wiraga, wirama, wirasa, ketepatan tortor, penggunaan ulos. Narasi dan pemakaian umpasa pamitta gondang, komposisi atau pola lantai, penampilan dan kreasi atau keserasian,”ujarnya.
Sementara Bupati Samosir Rapidin Simbolon menyambut positif acara ini. "Ini sangat bagus. Target kita sekitar 5.000 hingga 10.000-an wisatawan berkunjung ke Samosir, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara," tutur Bupati Samosir Rapidin Simbolon.
Rapidin juga berpesan, untuk semua orang yang peduli dan ingin belajar tentang Budaya Batak Tartor Muda-mudi agar datang ke Festival Gondang Naposo 2018.
"Bagi wisatawan yang ingin menikmati Tradisi Budaya Batak yang sangat Langka ini, datanglah ramai-ramai ke Samosir untuk menyaksikan dan sembari berlibur. Nikmati budayanya, nikmati hiburannya dan nikmati keindahan alamnya," pungkasnya. (t/s1).




Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Huruf Apa Itu ?)