Senin, 30 Juli 2018 - 02:54:43 WIB
STMIK Budi Darma Gelar Seminar Nasional Sensasi untuk Hadapi Revolusi Industri
Kategori: Medan - Dibaca: 2133 kali

Medan (SIOGE) - Sebagai salah satu wujud menuju budaya Riset dan Teknologi, STMIK Budi Darma gelar kegiatan Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI) 2018 di Green Hall Lt 7 STMIK Budi Darma, Sabtu (28/7/2018).
Ketua panitia kegiatan Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI) 2018, Suef Aripin, M.Kom mengatakan, peserta yang mengikuti kegiatan seminar tersebut diikuti mahasiswa dan dosen. “Jumlah paper dari mahasiswa sebanyak 88 paper yang terdiri dari, 76 paper dari STMIK Budi Darma, 11 Paper dari STIKOM Tunas Bangsa Pematang Siantar dan 1 paper dari UISU,” katanya.
Untuk pemakalah dari kategori dosen, terdiri dari beberapa institusi baik dari Sumatera Utara (STMIK Budi Darma, STIKOM Tunas Bangsa, STIE IBBI, UISU, STMIK Logika, STMIK Triguna Dharma, AMIK STIEKOM Sumatera Utara, UMN Al Washliyah, UNPAB, UMA, Methodist, Univ. Darma Agung, UNUSU, UMA).
“Dari propinsi lain, seperti dari Jakarta (STMIK Indonesia Jakarta), Pekanbaru (Universitas Abdurrab), Sulawesi Selatan (Universitas Kristen Indonesia Toraja), Sulawesi Tenggara (Univ. 19 November Kolaka), Aceh (STMIK Harapan Ibu Langsa), Maluku, Jawa Tengah (Politeknik Harapan Bersama),” ucap Suef.
Pada pembukaan seminar tersebut Ketua STMIK Budi Darma Mesran, M.Kom mengatakan, pelaksanaan SENSASI 2018 kedepan bukan hanya dosen yang meneliti, mahasiswa juga diwajibkan melakukan penelitian, karena saat ini Indonesia akan menuju ke budaya Riset agar tidak tertinggal dari negara negara tetangga.
Ditambahkan lagi, kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 450 peserta yang terdiri dari peserta non pemakalah dan pemakalah, pemakalah terbanyak berasal dari mahasiswa sebanyak 80 paper makalah, ujar Mesran.
Keynote speaker pada kegiatan ini merupakan salah satu Guru Besar Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FASILKOM-TI) Universitas Sumatera Utara, yaitu Prof. Dr. Muhammad Zarlis dan Dr. Darmawan Baginda Napitupulu, M.Kom dari Lembagaa Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).
Diakhir acara Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI) 2018 diumumkan paper terbaik dari dua kategori, yaitu dari mahasiswa dan dosen, untuk kategori dosen dengan judul Aktivitas Antimikroba Dan Identifikasi Molekuler Bakteri Asam Laktat Yang Diisolasi Dari Pliek U, Makanan Fermentasi Tradisional Asal Aceh, Indonesia, dari Universitas Prima Indonesia yang ditulis oleh Edy Fachrial dan Harmileni.
Paper kedua yang berjudul Sistem E-Healthcare Untuk Mendiagnosa Penyakit Inflamasi Dermatitis Imun Anak Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor dari STMIK Triguna Dharma yang ditulis oleh Puji Sari Ramadhan dan Usti Fatimah Sitorus Pane.
Sedangkan untuk kategori mahasiswa dengan juduk Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Pegawai Baru Dengan Menggunakan Metode VIKOR dan MOORA, penulis Nur Iman Sarumaha, Mayestia Simanungkalit dan Marni Damanik dari STMIK Budi Darma dan Sistem E-Healthcare Untuk Mendiagnosa Penyakit Inflamasi Dermatitis Imun Anak Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor yang ditulis oleh P.P.P.A.N.W Fikrul Ilmi R.H Zer, Dedy Hartama dan Agus Perdana Windarto dari STIKOM Tunas Bangsa Pematang Siantar.
Disamping pemilihan paper terbaik, Panitia juga mengumumkan presenter terbaik dari kategori Mahasiswa dan Dosen, yaitu: (1). Agung Nanda Pratama, Judul paper Penerapan Multi-Objective on The Basis Of Ratio Analysis Pada Pemilihan Smartphone Gaming dari STMIK Budi Darma, (2). Ikram Hamdani, judul paper Sistem Pendukung Keputusan Pemillihan Vokalis Solo Terbaik Band Menggunakan PROMETHEE II dari STMIK Budi Darma, (3). Ahmad Zulfandi, judul paper Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Komisaris Kelas Menggunakan Metode WASPAS, dari STMIK Budi Darma, (4). Ledis Pebriani Purba, judul paper Faktor Terbesar Rendahnya Minat Ber-KB (Keluarga Berencana) Dengan Metode Electre II dari STIKOM Tunas Bangsa, (5). Agnes Gracella Fepdiani Simanjuntak, judul paper Penerapan SPK Dengan WSM Untuk Menentukan Faktor Rendahnya Minat Beternak Ayam Broiler dari STIKOM Tunas Bangsa dan (6). Tia Imandasari, judul paper Penerapan Metode VIKOR Pada Pemilihan Popok Bayi Berdasarkan Jenis Kulit dari STIKOM Tunas Bangsa.
Sedangkan untuk presenter terbaik untuk kategori Dosen, yaitu (1). Lenny Menara Saragih, judul paper Pengaruh Harga, Brand Image Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pelanggan Jasa GrabCar di Kota Medan dari STIE IBBI, (2). Reza Hanafi Lubis, judul paper Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris dan Kinerja Keuangan" dari UMN Al Washliyah dan (3). Marzuki Sinambela, judul paper Machine Learning for Waveform Spectral Analysis on Signal Seismic with Broadband Vertical Component dari STMIK Budi Darma. (rel/s1)




Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Huruf Apa Itu ?)