Senin, 06 Agustus 2018 - 04:07:10 WIB
Terungkap!! Ini Dia Cara Mengajari Anak Belajar di Rumah
Kategori: Lifestyle - Dibaca: 2138 kali

Medan (SIOGE) – Belajar pada anak sudah menjadi sebuah kebutuhan penting dalam perkembangan anak. Maka dari itu, masalah bagaimana cara mengajari anak belajar sangat perlu untuk diperhatikan. Pada kondisi memasuki usia taman kana-kanak, anak akan dihadapkan dengan kondisi yang menuntut anak mengenai kemampuan dalam belajar baik itu membaca maupun menulis. Kenapa orangtua harus selalu mengawasi dan mengajri anaknya belajar? Jawabannya adalah karena waktu yang dihabiskan di sekolah maksimal 6 jam dan 18 jam sisanya adalah bersama orangtuanya. Oleh karena itu, sebagai orangtua seharusnya tidak hanya mengandalkan aktivitas belajar anak di sekolah saja melainkan harus memberikan dan membimbing anaknya juga agar menjadi pribadi yang lebih baik.
Ada banyak cara mengajari anak belajar, mulai dari belajar membaca, menulis, hingga menggambar, dan kesemuanya bisa dikemas menjadi menarik atau tidak membosankan. Denga cara ini tentunya akan memacu semangat anak untuk belajr, kemudian nantinya akan berkembang menjadi kebiasaan baik. Ingat, untuk mengajari seorang anak kecil yang masih polos haruslah bersabar apalagi misalnya anak lagi bandel-bandelnya. Berikut ini adalah cara mengajari anak untuk belajar sehingga bisa dikembangkan menjadi kebiasaan baik kedepannya.
Mengajari Anak Belajar Membaca
Mengajari anak belajar di rumah yang pertam adalah mengajari anak belajar membaca. Untuk mengajari anak belajar membaca, langkah awal yang diambil adalah dengan mengajarkan serta mengenalkan abjad dan angka terlebih dahulu. Tentunya sebagai orang tua sudah harus bisa menciptakan suasana yang nyaman sehingga anak tidak cepat bosan. Bisa menggunakan bernyanyi sebagai media untuk mengenalkan abjad baik itu dengan menggunakan bahasa indonesia maupun bahasa inggris. Memori anak akan mudah untuk mengingatnya, karena kebanyakan orang tua mengatakan bahwa cara yang satu ini cukup efektif.
Selain dengan cara menyanyi, bisa juga menggunakan bantuan media elektronik. Hal ini sangat mendukung karena semakian berkembangnya teknologi sehingga banyak aplikasi yang bisa membantu anak belajar membaca dan mengeja dengan benar. Dalam beberapa aplikasi ada yang dilengkapi dengan gambar maupun hanya audio, namun dianggap cukup efektif oleh beberapa orang tua. Dan masih banyak lagi cara-cara yang efektif untuk media belajar sehingga tidak membosankan bagi anak.
Mengajari Anak Belajar Menulis
Mengajari anak menulis adalah salah satu cara untuk mengajari anak belajar dan terbiasa belajar. Bisa menggunakan media papan tulis atau papan mainan, ajarkan atau kenalkan abjad terlebih dahulu sebagai awal. Ketika sudah mengenal abjad, bisa dilanjutkan dengan memintanya menuliskan namanya sendiri, ibu, bapak atau siapapun. Cara yang lain adalah dengan menggunakan buku bergambar yang harus diisi nama gambar tersebut, cara ini juga dirasa cukup efektif untuk mengajari anak. Bantu anak untuk mengeja apa yang nantinya akan dituliskan, hal ini mengajarkan anak untuk membaca dan mengeja kata demi kata sehingga nantinya tidak akan kesulitan ketika sudah bernajak masuk SD.
Perhatikan Poin Penting Mengajar Anak
Cara mengajari anak belajar di rumah yang terakhir adalah perhatikan poin penting dalam mengajarinya. Sebelum memulai mengajak anak belajar, terlebih dahulu harus mengenal dan memahami mood anak. Berikan reward atau hadiah ketika anak sudah mengalami peningkatan sehingga menjadi motivasi anak untuk terus belajar. Dan satu lagi yakni, jangan terlalu lama karena anak mudah sekali bosan apalagi jika kondisinya memang membosankan.(*)




Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Huruf Apa Itu ?)