Senin, 06 Agustus 2018 - 04:12:00 WIB
Biar Anak Cepat Ngomong, Ini 5 Trik Seru Memancingnya Ngobrol
Kategori: Lifestyle - Dibaca: 2141 kali

SIOGE.COM - Mengajak si kecil ngobrol meski dia belum bisa merespon atau membalas dengan tepat jadi salah satu trik yang bisa membuatnya lebih cepat ngomong ke depannya. Agar kemampuan komunikasi dan berbahasanya bisa berjalan optimal, kita perlu ikut terlibat membantunya dengan aktif. Cara yang paling mudah adalah memancingnya mengobrol.
Memancing si kecil mengobrol ada banyak caranya. Tapi kalau ingin agar di bisa cepat ngomong dan memiliki kemampuan bahasa komunikatif yang baik, ada tips-tips yang bisa kita ikuti. Berikut trik seru yang bisa langsung Moms coba.

Tanya Jawab Pop Quiz
"Hari ini kita jalan-jalan ke taman atau di rumah saja?"
"Kira-kira nenek bakal suka nggak ya sama kadonya?"
"Suka warna yang mana? Merah atau kuning?"
Coba lontarkan banyak pertanyaan padanya. Ajak tanya jawab dengan membahas hal-hal yang ada di sekitar. Kemudian berikan respon dan jawabannya juga.

"Karena cuaca cerah, main ke taman, yuk!"
"Nenek pasti suka dengan sama kado yang kita buat."
"Warna merah kayaknya lebih bagus ya buat bajunya."
Yaps, kesannya kita jadi ngomong sama diri sendiri. Tapi justru dengan cara ini Moms akan jadi panutan atau role model soal komunikasi dua arah atau tanya jawab.

Berikan Perhatian Saat Dia Berbicara
Namanya moment of silence, yaitu di mana kita akan diam dan memberi perhatian penuh pada saat si kecil berbicara. Sekalipun yang diucapkannya masih kata yang nggak jelas, coba dengarkan dengan baik lalu anggukkan kepala seolah kita mengerti yang diucapkannya. Si kecil pasti akan senang saat mendapat perhatian seperti itu.

Peragakan Percakapan
"Lihat, Ibu memakai satu-dua-tiga topi. Horeee! Sekarang ibu akan melepas yang warna biru, whups! Sekarang topi merah yang dilepas, hap! Terakhir topi kuning yang dilepas, taraaa! Sekarang topinya sudah dilepas semua."
Percakapan-percakapan sederhana seperti itu bisa Moms improvisasi dengan gerakan-gerakan yang menyenangkan. Mainkan intonasi nada agar anak bisa menaruh perhatian penuh.

Bunyikan Suara-Suara
"Dengar deh, ada kucing mengeong. Miauw... miauw... miauw."
"Kedengaran nggak suara mobilnya? Bruum... bruum... bruum."
Cara ini bisa memancing anak untuk meningkatkan kemampuan mendengarnya. Ia bisa melatih kepekaannya terhadap suara dan mengenal objek-objek di sekitarnya lebih baik.

Membacakan Cerita atau Dongeng
Buku adalah sumber terbaik bagi anak untuk belajar dan memahami kata-kata baru. Luangkan waktu membacakan cerita atau dongeng pada anak. Saat membacakan cerita, kita bisa berinteraksi dengan anak terkait memeragakan tokoh dalam cerita atau mengomentari warna-warni buku bergambar.

Ada banyak cara untuk membuat anak bisa lebih cepat ngomong dan kemampuan berbahasanya bisa meningkat cepat. Moms bisa berkreasi sendiri dan melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama si kecil setiap harinya.(*)




Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Huruf Apa Itu ?)