Rabu, 08 Agustus 2018 - 10:14:18 WIB
Pemkab Dairi Usulkan 610 Lowongan CPNS Tahun 2018 ke KemenPAN-RB
Kategori: Sumut - Dibaca: 2100 kali

Sidikalang (SIOGE) - Pemerintah Kabupaten Dairi usulkan sebanyak 610 lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).
Hal itu disampaikan Kepala Badan Kepegawaian dan Pendidikan Pelatihan Daerah (BKPPD) Dairi Suasta Ginting, Selasa (7/8/2018) di ruangannya. Disebutnya, penerimaan CPNS yang diusulkan tersebut untuk tenaga kependidikan sebanyak 345 orang, tenaga kesehatan 150 orang dan tenaga tehnis administrasi 115 orang. "Itulah yang diusulkan untuk penerimaan CPNS Dairi Tahun 2018," tandasnya.
Terkait realisasi lihat nanti lah hasilnya. Usulan tersebut sesuai dengan kebutuhan PNS di Dairi. Penerimaan tersebut dari jalur umum, tidak dari tenaga honorer. Memang sampai saat ini, belum ada informasi dari Kementerian terkait, berapa realisasi yang harus diterima Pemkab Dairi dan kapan proses penerimaan. Bila ada penerimaan, kata Suasta, pasti ada pemberitahuan kepada pemerintah daerah. Yang pasti setiap penerimaan CPNS akan diinformasikan secara luas.
Satu bulan terakhir ini, banyak berita simpang siur terkait penerimaan CPNS. Di media sosial, disebutkan bahwa Dairi akan menerima CPNS sebanyak 80 orang dari usulan 86. Suasta mengatakan, bahwa informasi tersebut tidak benar. Sampai saat ini, belum ada informasi terkait kapan dan berapa alokasi CPNS Dairi yang direalisasikan Kementerian terkait.
Lebih lanjut, Suasta mengakui tenaga kependidikan di Dairi sangat minim. Bahkan ada sekolah lebih banyak guru honornya dari pada guru PNS. Tidak ada penerimaan honor daerah buat tenaga kependidikan . Bila ada penerimaan honor, itu urusan kepala sekolah yang honornya dibebani dari dana biaya operasional sekolah (BOS). Demikian juga dengan tenaga administrasi di organisasi perangkat daerah (OPD), yang ada hanya tenaga harian lepas (THL), dimana SK-nya ditandatangani kepala dinas atau atau pimpinan OPD. Memang honornya dibebankan ke pada anggaran pendapatan belanja daerah (APBD). "Saat ini, sekitar 891 orang THL yang tersebar di dinas-dinas," ucapnya.(t/s1)




Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Huruf Apa Itu ?)