Jumat, 10 Agustus 2018 - 00:17:12 WIB
Hutan Pinus Kawasan Danau Toba Tongging Terbakar
Kategori: Sumut - Dibaca: 2114 kali

Karo (SIOGE) - Kawasan pesisir Danau Toba kembali terbakar, kali ini yang terbakar adalah kawasan perbukitan di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.
Petugas pemadam kebakaran pun saat ini tengah berjibaku memadamkan kebakaran yang melahap tanaman pinus serta tumbukan perdu yang tumbuh di kawasan perbukitan.
Kebakaran di kawasan perbukitan ini nyaris terjadi tiga hari terakhir, yang membuat Tim Pemadam Kebakaran Hutan Manggala Agni Daerah Operasi Sibolangit harus berjaga-jaga di lokasi.
Meski sudah berjaga-jaga karena banyaknya pembakaran lahan, mereka tetap tidak bisa mempertahankan lahan perbukitan yang ditumbuhi hutan pinus tidak hangus terbakar.
"Kami masih di lokasi sedang berupaya memadamkan api, yang sudah membesar dan sudah melahap hutan pinus di perbukitan Tongging," ujar Kepala Daerah Operasional Manggala Agni Daerah Operasi Sibolangit, Anggiat Sinaga, Kamis malam (9/8/2018).
Timnya yang ada dilapangan saat ini berjumlah 15 orang, beserta mobil tangki dan peralatan teknis berupa mesin pompa pemadam. Mereka dibantu TNI-Polri.
Ia pun berharap siapapun yang melakukan pembakaran lahan tersebut, supaya menghentikan aksinya, karena kejadiannya selalu berulang-ulang.
"Kejadian kebakaran terjadi sejak pukul 16 sore hari tadi. Dan kini sudah merambat sampai ke daerah pegunungan mendekati objek wisata Air Terjun sipiso piso. Sampai saat ini belum diketahui apa ataupun siapa yang menjadi penyebab terjadinya kebakaran hutan lindung ini," ujarnya.
Menurutnya kejadian kebakaran ini juga menunjukkan bahwa masih rendahnya kesadaran masyarakat terhadap pengendalian kebakaran hutan dan lahan yang sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat yang ada di sekitar kawasan.
"Diharapkan kepada pihak Polri dapat mengambil tindakan hukum terhadap oknum-oknum yang melakukan tindakan pembakaran hutan dan lahan. Agar memberikan efek jera," ujarnya.
Sebelumnya sekitar 50 hektar hutan pinus di di Dolok Tolong Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, terbakar pada Kamis (26/7/2018).
Kejadian pembakaran lahan adalah permasalahan yang kerap terjadi di Kawasan Danau Toba yang saat ini dijadikan Jokowi sebagai kawasan pengembangan pariwisata prioritas.(*)




Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Huruf Apa Itu ?)