Sabtu, 11 Agustus 2018 - 00:58:32 WIB
Pegawai Honor 3 Bulan Belum Gajian, DPRD Medan Minta Wali Kota Evaluasi Dirut RS Pirngadi
Kategori: Medan - Dibaca: 2109 kali

Medan (SIOGE) - Kesedihan pegawai honor Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Pirngadi Medan sangat wajar dan seharusnya segera direspon pimpinannya. Dalam usia RS yang genap 90 tahun pada 11 Agustus 2018, seharusnya keceriaan dan kegembiraan yang muncul di kalangan pegawai.
Bagaimana tidak sedih kalau sejak Mei 2018 belum juga gajian, ujar Anggota Komisi B DPRD Medan Drs Herri Zulkarnain Hutajulu MSi kepada wartawan via selular, Jumat sore (10/8) menanggapi berita di media massa terkait 3 bulan pegawai honor RS Pirngadi belum gajian.
Komisi B DPRD Medan sangat menyesalkan kejadian seperti itu terhadap pegawai honor rumah sakit pemerintah. Dirut RS Pirngadi harus bisa mencari solusi untuk menyelesaikan masalah itu. “Bayangkan 3 bulan pegawai honor belum gajian, bagaimana dia bisa memberi makan anak istrinya,” ujarnya prihatin.
Dampak dari belum dibayarkannya gaji pegawai honor sangat besar terhadap pelayanan rumah sakit. Para pegawai honor bisa saja menjadi tidak loyal terhadap pimpinannya, tidak sungguh-sungguh dalam bekerja merawat pasien, bahkan barang-barang rumah sakit bisa saja berhilangan karena kurang dijaga para pegawai yang kecewa karena tidak mendapatkan gaji yang menjadi hak mereka, ujar Ketua Fraksi Demokrat DPRD Medan ini lagi.
Padahal, ujar Hutajulu, Pemko Medan sudah menganggarkan semuanya dalam APBD. Jadi tidak ada alasan untuk tidak membayarkan gaji para pegawai honor tersebut. Tuntutan para pegawai honor itu sangat normatif, bukan minta kenaikan gaji. Namun kurang pekanya pimpinan di RS Pringadi, bisa mengakibatkan menurunnya kualitas pelayanan. Karena bagaimanapun, para pegawai honor itu merupakan petugas yang ditempatkan membantu rumah sakit dalam melayani pasien.
Kalau memang Dirut RS Pirngadi tidak sanggup menyelesaikan permasalahan gaji pegawai honornya, Herri dengan tegas meminta Wali Kota Medan bertindak tegas dengan menggantinya. Karena permasalahan gaji bagi pegawai honor merupakan masalah mendasar, ujarnya mengakhiri.
Seperti diberitakan SIB kemarin, beberapa pegawai honor yang tidak mau namanya ditulis menyesalkan peringatan HUT sementara mereka belum gajian. "Kecewa dan sedih kami. Maunya kami yang belum gajian inilah lebih diperhatikan," ungkap mereka.
Sementara Humas RS Pirngadi, Edison mengakui kalau pegawai honor belum gajian sejak Mei. "Ada 600-an pegawai honor baik dokter, perawat, staf dan cleaning service," kata Edison. Dijelaskannya, gaji untuk pegawai honor akan dibayar menunggu dibayarnya klaim dari BPJS Kesehatan. (s1)




Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Huruf Apa Itu ?)